25.7 C
Medan
Kamis, 17 September 2020 23:26
Medan.tv Berita Cepat, Tepat dan Berimbang
Nasional

Aceh Siapkan Kuburan Massal Khusus Jenazah Corona

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Jakarta, Medan.TV — Pemerintah Aceh berencana menyediakan pemakaman massal untuk orang yang meninggal karena terinfeksi Virus Corona COID-19.

Hal itu dilakukan demi mengantisipasi meluasnya penularan Virus Corona.

Juru Bicara COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani membenarkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan lahan untuk pemakaman massal, namun hingga saat berita ini diterbitkan belum diumumkan lebih lanjut mengenai lokasinya.

Meskipun kabar terkait pemakaman massal itu bukanlah kabar baik untuk disampaikan, ia menyebut harus menginformasikannya sebagai salah satu bukti kesiapan pemerintah daerah.

“Tapi saya ingin sampaikan, Pemerintah Aceh sedang mempersiapkan tanah untuk kuburan massal korban Virus Corona,” ujar Saifullah dalam jumpa pers melalui layanan streaming, Sabtu (28/3) malam.

Saifullah mengatakan, langkah tersebut perlu dilakukan melihat pengalaman di berbagai negara, serta kondisi terkini bahwa Indonesia salah satu negara dengan jumlah angka kematian tertinggi yang disebabkan karena Virus Corona.

Selain lahan pemakanan, pemerintah Aceh juga telah menyiapkan fasilitas dan SDM demi menangani pasien COVID-19.

“Pak Sekda Aceh sudah melihat lokasinya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita memiliki satu tempat yang bisa memakamkan jenazah korban virus corona ini,” katanya.

Terkait persiapan pemakaman bagi korban Virus Corona ini sebelumnya juga telah diminta oleh Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) melalui suratnya kepada Gubernur Aceh tertanggal 27 Maret 2020.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Direktur RSUDZA Azharuddin tersebut disampaikan bahwa penyediaan pemakaman massal untuk orang yang meninggal karena terinfeksi Virus Corona COID-19 di Aceh sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus tersebut.

Saat ini, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Aceh mencapai 416 orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 39 orang, namun tiga diantaranya masih dirawat di RSUZA.

Sementara pasien positif Corona di Aceh sebanyak empat orang. Tiga diantaranya tengah menjalani perawatan di rumah sakit, dan satu pasien meninggal dunia.

sumber : cnnindonesia.com

Berita Terkait

Hoaks Covid-19, WHO Tegaskan Corona Tak Menular Lewat Udara

Husin

Bob Hasan, Eks Menteri Era Soeharto Meninggal Dunia

admin

Jabar Tunggu Instruksi Pusat Terapkan Lockdown di Zona Merah

admin

Leave a Comment